Artikel Kesehatan

hotline atas2

banner

www.rssyarifhidayatullah.com Tangsel -  Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah , hikmah dan ampunan. Oleh karena itu berbagai amal perbuatan kita menjadi pahala yang berkali lipat. Merupakan hal yang sia-sia jika pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Selain itu kita juga perlu menjaga kesehatan kita di bulan Ramadhan ini. 

Berikut tips kesehatan agar Ramadhan menjadi sehat dan berkah: 

  1. Tetaplah beraktivitas seperti biasa. sambil anda ukur kapasitas produktivitas anda sekaranf ketika berpuasa itu seberapa besar. Kalau sudah dapat gambarannya, silahkan cocokkan dengan agenda anda selama bulan ramadhan ini. 
  2. Kurangi hal-hal yang bersifat mubah, apalagi makruh. Fokus perbanyak melakukan hal-hal yang wajib dan sunnah. 
  3. Sahur, optimalkan diri untuk mengonsumsi makanan yang berserat. seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. 
  4. ketika tiba waktu buka puasa, makanlah dengan makanan yang manis rasanya. sesuai dengan sunnah Rassulullah Saw berbukalah dengan air putih dan kurma terlebih dahulu. 
  5. Tentunya, konsumsi makanan yang manis secukupnya saja jangan berlebihan, karena kebanyakan gula juga mengakibatkan ngantuk dan dapat menggangu berat badan anda selama berpuasa.
  6. Serta kurangi juga memakan makanan yang asin dan berlemak.
  7. Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang. Termasuk jangan "balas dendam" makan banyak saat berbuka puasa. karena banyak makan merupakan salah satu penyebab gelapnya hati yang akan mengakibatkan rasa malas melalukan sesuatu, termasuk malas beribadah.
  8. Tidur yang cukup. Jangan begadang jika tidak ada lagi agenda yang penting yang bermanfaat. Ada hadist yang mengatakan bahwa "tidur adalah ibadah". Cerdaskan dalam menanggapi hal tersebut, jika tidu saja mendapatkan pahala, apalagi jika kita produktif saat sedang berpuasa? Insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang lebih besar lagi.
  9. berhenti merokok, bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk latihan berhenti merokok.
  10. bagi beberapa kalangan yang sedang tidak dalam kondisi normal, seperti halnya sedang hamil, sedang sakit, dan sebagainya, kemudian anda tidak mengetahui tentang hukumnya puasa ramadhan ini, maka sebagiknya anda berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan biarkan ketidaktahuan anda menjadi awal dari penyakit dan ketidakberkahan.

 

Gusi Bengkak

Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif?

www.rssyarifhidayatullah.com , Tangsel - Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu.

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah:

  • Lubang pada gigi.
  • Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang.
  • Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi.
  • Radang pada gusi (gingivitis).
  • Menyikat gigi terlalu kencang.
  • Penumpukan plak.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam.

Mengusir Ngilu Gigi

Memeriksakan diri ke dokter gigi adalah langkah pertama yang dapat Anda lakukan. Dokter akan mendeteksi penyebab gigi ngilu Anda berdasarkan pemeriksaan, riwayat dan gejala yang Anda sampaikan. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi solusi:

Pasta gigi dengan formula tertentu khusus untuk gigi sensitif. Sebagian pasta gigi dapat membantu meredam ngilu karena gigi sensitif.

Flouride. Dokter dapat mengolesi gigi Anda yang sensitif dengan fluoride dan meresepkannya untuk digunakan di rumah agar dapat memperkuat email gigi dan meredakan linu.

Mengikat atau menebalkan. Permukaan akar gigi yang terpapar dapat ditangani dengan lapisan pengikat (bonding resin) yang diaplikasikan pada akar. Proses ini mungkin membutuhkan bius lokal.

Bedah gusi. Akar gigi yang , telah kehilangan lapisan gusi dapat menyebabkan gigi menjadi linu. Solusi dapat dilakukan dengan pengambilan gusi dari bagian lain untuk kemudian dipasang pada bagian yang hilang ini.

Saluran akar (root canal). Proses dilakukan dengan merawat pulpa gigi. Cara yang ternyata paling berdampak ini dilakukan jika perawatan lain sudah tidak bekerja efektif sementara rasa nyeri yang Anda alami sudah sudah tidak tertahankan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Menyadari kerumitan perawatan gigi sensitif di atas, maka sebaiknya Anda mencegah kondisi tersebut sebelum terjadi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan.

  • Cara paling sederhana adalah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi berflouride.
  • Hindari menggosok gigi terlalu sering, menggosok dengan kasar, atau pasta gigi dengan kadar yang dapat menyebabkan lapisan gigi rusak.
  • Hindari mengasah gigi yang dapat menyebabkan gigi retak dan menjadi sensitif.
  • Batasi makanan dan minuman asam, seperti minuman soda, yogurt, dan jeruk sitrus. Semua ini dapat mengikis sebagian email gigi terus-menerus. Minum dengan menggunakan sedotan dapat mengurangi risiko ini.
  • Minumlah air mineral untuk menormalkan kadar asam di mulut setelah mengonsumsi susu dan makanan serta minuman berasam.
  • Hindari langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman berasam. Asam membuat email gigi menjadi lebih lunak dan mudah terkikis saat disikat.

Dengan mencegah gigi agar tidak menjadi sensitif, Anda tidak perlu khawatir lagi gigi akan terasa ngilu ketika mengonsumsi makanan kesukaan, seperti menyantap es krim.

sumber: alodokter

13437336 1759604854286971 34828334 n

rssyarifhidayatullah.com, Tangsel - Osteoarthritis adalah salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Kondisi ini menyebabkan sendi-sendi terasa sakit dan kaku. Pembengkakan juga dapat terjadi pada sendi-sendi tersebut. Sendi yang paling sering mengalami kerusakan pada kondisi ini meliputi tangan, lutut, pinggul, dan tulang punggung. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa sendi-sendi yang lain juga bisa terserang.

Gejala-gejala Osteoarthritis

Gejala osteoarthritis umumnya berkembang secara perlahan-lahan dan semakin parah seiring waktu. Tingkat keparahan gejala penyakit ini bisa berbeda-beda pada tiap penderita serta lokasi sendi yang diserang.

Rasa sakit dan kaku pada sendi merupakan gejala utama osteoarthritis. Gejala ini bahkan bisa membuat penderita kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa sakit atau nyeri pada sendi biasanya akan muncul ketika sendi digerakkan dan sensasi kaku akan terasa setelah sendi tidak digerakkan untuk beberapa waktu, misalnya saat bangun pagi. Beberapa gejala lain yang mungkin menyertai adalah:

  • Kelenturan sendi yang menurun.
  • Sendi yang mudah nyeri.
  • Lemas otot dan massa otot yang berkurang.

Gejala-gejala tersebut bisa datang dan pergi atau terjadi secara terus-menerus. Kekambuhan ini mungkin bisa dipengaruhi oleh jenis aktivitas yang Anda jalani serta cuaca. Periksakanlah diri Anda ke dokter jika gejala-gejala osteoarthritis yang Anda alami tidak kunjung reda selama beberapa minggu. Pemeriksaan ini memungkinkan dokter untuk mengetahui penyebabnya jika belum terdiagnosis atau tingkat keparahannya jika sudah terdiagnosis.

Penyebab dan Faktor Risiko Osteoarthritis

Osteoarthritis menyebabkan tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan-lahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat padat yang kenyal dan elastis. Jaringan ini menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan.

Penyebab kerusakan tulang rawan tersebut belum diketahui secara pasti. Tetapi ada beberapa faktor yang diduga bisa memicu kondisi itu, yaitu:

  • Usia. Risiko osteoarthritis akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang, khususnya bagi mereka yang berusia di atas 45 tahun.
  • Jenis kelamin. Wanita lebih sering mengalami osteoarthritis dibandingkan pria.
  • Cedera pada sendi. Sendi yang mengalami cedera atau pernah menjalani operasi memiliki kemungkinan osteoarthritis yang lebih tinggi.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebihan menambah beban pada sendi sehingga risiko osteoarthritis menjadi lebih tinggi.
  • Faktor keturunan. Risiko osteoarthritis diduga bisa diturunkan secara genetika.
  • Mengidap kondisi arthritis lain, misalnya penyakit asam urat atau rheumatoid arthritis.

Diagnosis Osteoarthritis

Tahap awal diagnosis osteoarthritis umumnya meliputi pemeriksaan fisik pada sendi yang terserang. Dokter akan memeriksa apakah ada pembengkakan serta batas gerakan sendi tersebut. Gejala-gejala dan riwayat kondisi kesehatan Anda juga akan ditanyakan oleh dokter. X-rayMRI scan, serta tes darah kemudian mungkin dianjurkan sebagai pemeriksaan yang lebih mendetail. Selain itu, langkah-langkah pemeriksaan ini berguna untuk:

  • Memeriksa kemungkinan adanya penyakit lain.
  • Memeriksa tingkat keparahan osteoarthritis yang dialami pasien.

Langkah Penanganan Osteoarthritis

Osteoarthritis termasuk kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Penanganan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi gejala agar pasien bisa tetap beraktivitas dan menjalani kehidupan secara normal. Gejala dari kondisi ini terkadang bisa berkurang secara perlahan-lahan seiring waktu. Gejala bisa ditangani dengan langkah sederhana seperti:

  • Menurunkan berat badan bagi pasien yang mengalami obesitas.
  • Rutin dalam berolahraga.
  • Menjalani terapi fisik dan/atau terapi okupasi.
  • Menggunakan alat khusus untuk membantu mengurangi rasa sakit saat pasien berdiri atau berjalan.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat pereda rasa sakit atau obat anti inflamasi non-steroid.

Jika langkah-langkah tersebut terbukti kurang efektif dan sendi cukup rusak, dokter mungkin akan menyarankan operasi. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki, memperkuat, atau mengganti sendi agar pasien bisa lebih mudah bergerak.

Jika anda mengalami gejala Osteroarthritis, maka segeralah ke Rumah Sakit Terdekat.

Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi

dr. Pandu A. Sp.OT

Senin & Rabu          : Pukul 20.00 – 21.00 WIB

Selasa                    : Pukul 18.00 – 21.00 WIB

Jumat                    : Pukul 08.00 – 11.00 WIB

 

dr. M. Nagieb, Sp.OT

Senin, Rabu, Jumat : Pukul 14.00 - 15.30 WIB 

SUMBER: alodokter.com 

 

MASKER MADU

rssyarifhidayatullah.com , Tangsel - Madu merupakan salah satu bahan perawatan kulita yang paling tua dan terfavorit. Madu telah digunakan selama berabad-abad  untuk mengobati berbagai penyakit dan untuk memanjakan kulit wajah. 

Manfaat masker wajah dari madu: 

  • Melembabkan kulit: Menggunakan masker wajah madu untuk kulit kering sangat menguntungkan kaena madu memiliki kamampuan untuk menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit, menenangkan dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. 
  • Melindungi kulit: madu memiliki sifat penyembuhan alami dan super kuat untuk melawan bakteri yang ada di dalam kulit. Madu mengandung enzim yang disebut oksidase glukosa, ketika ditambah ke air akan menciptakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik alami. 
  • Membersihkan kulit: Masker madu dapat membantu melembutkan kulit kasar dan membuatnya halus dan lentur, sehingga mencegah timbulnya keriput dan garis-garis halus. Masker madu juga membantu untuk perawatan kulit bebas kerut. 
  • Anti-Aging : Masker madu mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit kita terhadap radikal bebas. Dengan demikian, mereka memperlambat proses penuaan dengan membantu membantu menetralisir radikal bebas. 

Manfaat lainnya: 

  • Masker madu dapat mencegah perubahan warna pada kulit dan membantu untuk menjaga warna kulit. 
  • Masker madu dapat mencegah perubahan warna pada kulit dan membantu untuk menjaga warna kulit. 
  • Masker madu membantu untuk meremajakan kulit. 
  • Masker madu dapat mencegah dan mengobati jerawat. 
  • Mencegah gangguan kulit seperti eksim.
  • Membantu untuk memperbaharui sel-sel kulit sehingga membuat kulit tampak terlihat lebih muda dan bercahaya. 

sumber: tipkecantikan.com

lensa mata

rssyarifhidayatullah.com, Tangsel - Sejak usia 16 tahu, Meabh McHugh-Hill sudah terbiasa menggunakan lensa kontak. Bahkan dalam sehari ia bisa menghabiskan waktu sampai 12 jam menggunakan lensa kontak. Mata kering pun kerap dialami gadis ini. Namun begitu, Meabh tetap rutin menganakan lensa kontak hingga suatu hari, insiden dialamin Meabh dan hampir membuatnya buta.

Berawal ketika suatu malam Meabh sedang menonton bioskop bersama kekasihnya. "Saat itu tiba-tiba sata ingat sudah pakai lensa kontak selama 10 jam. Saya lalu ke toilet dan mengeluarkan lensa kontak yang lengket di bola mata saya. Seharusnya, sebelum itu saya membasahi dulu bola mata saya dengan tetes mata," tutur Meabh, dikutip dari Mirror.

Setelah itu, Meabh merasakan nyeri parah di mata kirinya itu. Sampai keesokan harinya ia tidak bisa membuka matanya dan ketika di check Dokter, disebutkan bahwa kornea kiri Meabh mengalami robek dan itu hampir membuatnya buta. Hindari pemakaian lensa kontak mata lebih dari 12 jam.

Jika anda mengalami mata kering, gunakan rutin tetes mata selama memakai lensa kontak. Dan kemudian, lepas lensa kontak ketika hendak tidur. Jika anda mengalami kejadian diatas segera datang ke Rumah Sakit untuk diperisakan oleh Dokter Mata.

sumber: detik.com

044169200 1425006361 pijat bayi

rssyarifhidayatullah.com , Tangsel - Ketidakberdayaan seorang bayi menghadapi lingkungan diluar kandungan ibunya menyebabkan bayi mutlak tergantung pada bantuan orang-orang dewasa disekitarnya. Ia harus dilindungi untuk memperoleh rasa aman dan rasa percaya ini penting sekali dalam perkembangan anak agar mampu menjalin hubungan antara sesama yaitu melalui sentuhan seorang ibu. Dengan melakukan pijat bayi dapat mempererat ikatan antara Bunda dan di kecil sehingga membantu tumbuh kembang bayi secara optimal. Hebatnya manfaat pijat bayi tak hanya dirasakan oleh si kecil saja, tetapi juga dirasakan oleh Bunda dan Ayah yang memberikan pijat bayi pada si kecil. 

Beberapa manfaat pijat bayi untuk tumbuh kembang bayi diantaranya adalah: 

  • Melatih respon syaraf, tekanan dan pijatan dibeberapa bagian tubuh bayi disertai dengan aroma tubuh bunda adalah kondisi ideal untuk melatih respon syaraf bayi. 
  • Meningkatkan konsumsi ASI, pijat bayi dapat meningkatkan kualitas penyerapan nutrisi dari ASI sehingga bayi menjadi cepat lapar. Akibatnya si kecil akan lebih sering menyusui. 
  • Karena konsumsi ASI meningkat, maka berat badan juga dapat meningkat. Sehingga secara tidak langsung, aktifitas pijat bayi dapat meningkatkan bobot badan bayi. 
  • Mengurangi gangguan sakit karena kolik dan perut kembung. cara pijat yang tepat juga dapat meringankan gejala kolik pada bayi termasuk membantgu mengeluarkan gas yang terdapat pada perut bayi. Gas ini biasanya akan menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi sehingga bayi menjadi lebih rewel.
  • Membangun jalinan emosional antara di kecil dan bunda. "Skin to Skin Contact" antara bayi dan bunda, kontak mata, senyum dan ekspresi wajah bunda adalah bentuk komunikasi non verbal antara bunda dan bayi.
  • Meningkatkan system imunitas. pijat bayi dapat meningkatkan produksi seldarah putih yang berperan dalam memerangi sumber penyakit dari luar.
  • Meningkatkan kualitas tidur. Pijat bayi akan membuat bayi lebih rileks serta melancarkan peredaran darah. Rasa nyaman yang ditimbulkan akan memicu kualitas tidur yang baik. biasakan memijat si kecil setelah cukup menyusui untuk memperbaiki kualitas tidurnya. 
  • Selain manfaat-manfaat diatas, pijat bayi yang tepat pula dapat meningkatkan suplai oksigen, meningkatkan fungsi indera-indera sensorik, melancarkan sirkulasi nutrisi dalam tubuh, dan meningkatkan kesadaran bayi akan tubuhnya. 

Kapan kegiatan pemijatan bayi dilakukan?

  • Pada pagi hari atau sore hari
  • Pemijatan bayi dilakukan sebelum waktu tidur
  • Tunggu paling tidak 30 menit setelah menyusui si kecil sebelum memijat bayi
  • Sebaiknya pemijatan bayi dilakukan setiap hari. 

Kegiatan pemijatan dapat dilakukan di Fisioterapi Rumah Sakit Syarif Hidayatullah Setiap Hari Senin dan Kamis Pukul 12.00 - 14.30 WIB 

Biaya pijat bayi: Rp. 75.000,-*

*Syarat dan ketentuan berlaku

untuk reservasi dapat menghubungi:

Customer Service: (021) 740 2718 ext 100/200 

 

 

yogurt

Yogurt merupakan susu yang sengaja dibuat proses fermentasi bakteri. Yogurt bisa dibuat dari susu hewani atau nabati, termasuk di dalamnya susu kedelai. Yogurt mempunyai nilai gizi yang tinggi. Dalam yogurt terkandung kalori, protein, karbohidrat, calsium dan potasium lebih tinggi dibandingkan susu segar, tetapi kandungan lemaknya lebih rendah.

Berikut adalah manfaat dari mengkonsumsi yogurt: 

  • Menyehatkan Pencernaan

Probiotik (bakteri baik) di dalam yogurt telah terbukti akan menyehatkan mikroflora di dalam usus. Untuk mendapatkan manfaat segat probiotik, pastikan produk yogurt favorit anda mengandung sedikitnya satu juta koloni forming units (CFUs) bakteri hidup. 

  • Mencegah Hipertensi

Alasan sehat lainnya untuk rutin mengkonsumsi yogurt adalah mencegah penyakit jantung. Protein spesial di dalam yogurt serta kandungan kalsium, magnesium, dan potasiumnya bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi. 

  • Menurunkan berat badan 

Agar tidak sia-sia usaha anda dalam menurunkan berat badan, tambahkan yogurt dalam menu harian. Bukan hanya bagus untuk pencernaan tapi minuman ini juga memiliki efek samping melangsingkan. Yogurt mesti tidak mengandung serat, namun memiliki efek penurunan berat badan dibandingkan dengan produk susu lainnya. Para ahli mengatakan keistimewaan yogurt disebabkan karena kandungan bakteri baiknya sehingga menjaga kesehatan tubuh. 

Meminum Yogurt juga bisa ditambahkan dengan buah buahan kesukaan anda, sehingga membuat bertambah manfaatnya.