Artikel Kesehatan

hotline web

Dilansir dari sunlight.co.id, Senin (11/11/2019) Hujan yang sering mengguyur akhir-akhir ini selain mempengaruhi mobilitas sehari-hari juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Kondisi udara yang lembab dapat membuat bakteri dan virus menyebar lebih cepat. Agar Anda dan keluarga tetap sehat di musim penghujan ini, berikut ini ada 7 tips menjaga kesehatan yang bisa Anda praktekkan di rumah.

hujan 1

Bekali Anggota Leluarga dengan Mantel/Payung

Sebelum anggota keluarga beraktifitas di luar rumah, bekali mereka semua dengan mantel atau payung untuk menjaga tubuh mereka tetap kering jika di tengah jalan turun hujan secara tiba-tiba.

Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan tindakan sederhana yang memberi manfaat luar biasa bagi kesehatan, terutama di saat musim hujan seperti sekarang ini. Pastikan anggota keluarga Anda mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Selalu Mandi jika Kehujanan

Jika ada salah satu anggota keluarga kehujanan, anjurkan untuk segera mandi begitu tiba di rumah. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi penyakit dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin menempel.

Perbanyak Konsumsi Vitamin C

Perkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan keluarga dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin C. Bisa dari suplemen makanan, maupun diperoleh secara alami dari buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin, seperti jeruk, strawberry dan buah lainnya.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih di musim hujan sangat baik untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda sekeluarga.

Bersihkan Rumah

Bersih-bersih merupakan salah satu aktivitas ibu rumah tangga yang paling berpengaruh dalam menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, apalagi di saat musim hujan. Kegiatan bersih-bersih harus lebih ditingkatkan, terutama juga bersihkan lingkungan di sekitar rumah agar tak menjadi tempat nyamuk bertelur.

Bumbu Dapur Yang bermanfaat untuk kesehatan “ KETUMBAR ”

Yeni Arfiyani

07 Nov 2019 | 08.55 WIB

 

Dilansir dari Bola.com, Jakarta Kamis (07/11/2019) Ketumbar adalah salah satu bumbu masakan yang mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah.

Selain sebagai bahan masakan, banyak pula yang menggunakan ketumbar sebagai ramuan obat tradisional. Bumbu masakan itu ampuh mengatasi bebagai keluhan seperti mual, masuk angin, dan diare.

Ketumbar mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, lemak baik, protein, kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor. Berbagai kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketumbar juga mengandung antioksidan cukup tinggi guna menangkal bakteri atau virus berbahaya, serta mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

ketumbar 1

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

  1. Mencerahkan Wajah

Ketumbar bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Caranya, Anda bisa menggunakan masker ketumbar dengan menumbuk ketumbar dan dicampur sedikit air.

Setelah menjadi pasta, oleskan masker ketumbar pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Apabila sudah kering, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat.

  1. Mengatasi Jerawat, Mengecilkan Pori-Pori, dan Atasi Minyak Berlebih

Selain mencerahkan wajah, ketumbar mampu mengusir jerawat membandel karena adanya kandungan vitamin dan antioksidan. Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu meraciknya sebagai masker ketumbar.

Ketumbar juga mampu mengecilkan pori-pori, sehingga bisa mencegah timbulnya jerawat dan mengatasi wajah berminyak.

  1. Menyehatkan Rambut

Ketumbar banyak digunakan sebagai campuran beberapa produk kesehatan rambut. Namun, Anda bisa menyehatkan rambut dengan cairan ketumbar alami.

Caranya, tumbuk ketumbar dan dicampur air secukupnya. Peras dan saring airnya untuk dijadikan shampo, kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Mengatasi Diare

Ketumbar mengandung minyak atsiri seperti borneol dan linalool. Kandungan tersebut dapat membantu pencernaan meningkatkan fungsi hati, dan mengatasi diare. Manfaat dari ketumbar ini ditemukan oleh sebuah penelitian dari Ethnobotanical Leafleats, yang menyatakan antibakteri ketumbar bermanfaat untuk menyembuhkan diare akibat mikroba dan jamur.

  1. Mengatasi Mual

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketumbar berfungsi mengatasi mual, muntah, serta gangguan pada lambung, karena mengandung senyawa bioaktif dalam ketumbar.

  1. Menyembuhkan Alergi

Ketumbar memiliki senyawa bersifat anti-histamin yang mampu mengurangi efek alergi. Anda bisa mengoleskan masker ketumbar atau minyak ketumbar pada kulit yang alergi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketumbar kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral seperti fosfor. Kandungan nutrisi tersebut mampu mencegah gangguan penglihatan, degenerasi maula, dan mengurangi ketegangan dan tekanan pada mata.

MANFAAT TEH UNTUK KESEHATAN

Mohammad Ridwan H

Rabu, 06 November 2019 | 08.25 WIB

minum teh

Dilansir dari Liputan6.com, Rabu (06/11/2019) Bagaimanapun suasananya, teh bisa menjadi minuman yang nikmat. Terlebih karena minuman ini bisa disediakan dalam keadaan panas ataupun dingin.

Dari jenis teh yang anda minum tentu saja terdapat perbedaan dari masing-masing the yang diolah. Semua teh non-herbal terbuat dari daun sintesis tumbuhan Camellia. Jumlah pemrosesan daun menentukan apakah Anda akan mendapatkan teh hitam, hijau, atau oolong.

Teh hijau merupakan teh yang pemrosesannya paling minim dan cenderung memiliki kadar polyphenols yang tertinggi, dan tipe satu-satunya yang mengandung tipe polyphenol yaitu, catechin. Karena alasan tersebut banyak penelitian hanya menggunakan teh hijau.

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari teh :

  1. Teh mengandung antioksidan

Antioksidan berperan menjaga tubuh agar tidak menjadi “berkarat” sehingga bisa membantu memperlambat penuaan serta melindungi dari kerusakan akibat polusi.

  1. Teh memiliki lebih sedikit kafein dibanding kopi

Campuran herbal tidak mengandung kafein, sementara teh tradisional memiliki kurang dari 50 persen kafein. Artinya Anda bisa mengkonsumsi teh tanpa mendapatkan efek menjengkelkan pada sistem saraf Anda, ujar Leslie Bonci, seorang ahli gizi dan pemilik Active Eating Advice.

  1. Teh bisa mengurangi resiko serangan jantung dan stroke

"Ada banyak bacaan di luar sana mengenai teh dan kesehatan jantung,” ujar Anna Ardine, manager gizi klinis pada Magee-Womens Hospital of University of Pitsburgh Medical ccanter. “Ini merupakan efek kesehatan yang mempunyai bukti terkuat.”

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan pada awal tahun ini menemukan pengurangan risiko terkena serangan jantung hampir 20 persen, dan pengurangan resiko terkena stroke hampir 35 persen pada mereka yang meminum teh hijau 1 hingga 3 cangkir per harinya.

Dan bagi mereka yang meminum 4 cangkir lebih mengalami pengurangan resiko terkena serangan jantung hingga 32 persen dan level kolesterol LDL yang lebih rendah.

  1. Teh bisa membantu menurunkan berat badan

Penelitian tentang hal ini belum begitu kuat, ujar Ardine. Namun studi-studi yang menunjukkan efek tersebut  bergantung kepada besarnya jumlah konsumsi teh, dan yang seringkali berbentuk pil.

  1. Teh membantu menjaga tulang

Data dari penelitian terbaru terhadap hewan menunjukkan bahwa teh hijau bisa mencegah pengeroposan tulang.

  1. Teh bisa membuat gigi Anda cerah

"Para peneliti Jepang telah menemukan bahwa teh bisa mengurangi kerontokan pada gigi,” ujar Ardine. “Teh merubah kadar pH pada mulut ketika Anda meminumnya dan karena hal tersebutlah bisa mencegah pengeroposan pada gigi.”

Lebih jauh lagi, teh tidak seperti minuman lainnya tidak mengikis enamel gigi, ujar Bonci.

  1. Teh bisa meningkatkan sistem imun

Banyak studi yang menunjukkan bahwa teh bisa membuat sel-sel imun berfungsi lebih baik.

  1. Teh bisa membantu melawan kanker

Hasil studi pada manfaat ini masih bercampur, dengan kata lain dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini, ujar Bonci. Namun, sementara itu, “Jika Anda memiliki sejarah keluarga yang kuat akan kanker dan Anda ingin melakukan segala sesuatu untuk mencegahnya, Anda bisa meningkatkan konsumsi teh Anda,” tambahnya.

  1. Teh herbal dapat memperlancar sistem pencernaan

"Teh herbal, khususnya chamomile, bisa sangat baik untuk orang-orang yang menderita sindrom iritasi pada usus besar karena teh hijau bersifat antispasmodic,” ujar Bonci. “Dan teh jahe bisa meringankan mual.”

  1. Teh murni bebas kalori

"Merupakan alternatif terbaik pengganti air sebagai minuman bebas kalori,” ujar Bonci. “Teh memberikan banyak pilihan rasa dan macam-macam kegunaan. Anda bisa meminumnya panas atau dingin. Dan Anda tidak perlu menambahkan apapun, walaupun mungkin Anda bisa menambahkan jahe ataupun kayu manis jika Anda menginginkannya.”

jamblang 1

Beberapa Manfaat Buah Jamblang atau Duwet Untuk kesehatan

Mohammad Ridwan H                                                                                                                                                                  Selasa, 5 November 2019 |08.48 WIB

 

Dilansir dari TRIBUNJOGJA.COM, Senin (04/11/2019) - Syzygium cumini adalah nama ilmiah untuk tanaman ini. Kita lebih mengenalnya sebagai nama buah Jamblang atau Duwet.

Dikutip TRIBUNJOGJA.COM dari intisari.grid.id,Pohon tropis yang tumbuhnya lambat ini merupakan tanaman asli Indian Subbenua. Namun, sekarang telah menyebar ke belahan dunia.

Beberapa orang masih agak bingung karena mirip blackberry.

 

Buahnya berubah warna dari hijau ketika muda lalu menjadi hitam keunguan ketika matang.Buah kecil ini memiliki gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein, serat, dan juga mengandung fenol, tritepenoid, minyak esensial, minyak atsiri, jambosin, asam organik, asam oleanolic, tanin, antosianin, asam ellagik, dan flavonoid.

Selain itu mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan fosfor. Juga sangat kaya akan vitamin C dengan jumlah riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin B6 yang signifikan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah jamblang atau duwet.

 

  1. Pembersih darah alami

Kandungan zat besi dalam buah jamblang memastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat mencapai seluruh bagian tubuh. Kulit yang bersih adalah tanda darah murni. Menerapkan pasta bubuk biji jamblang bisa mengurangi jerawat.

  1. Membantu pencernaan

Jamblang bertindak sebagai pendingin dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, disentri, dan dispepsia. Serbuk kulit kayu dan biji tanaman ini mengatur tubuh untuk buang air besar yang sehat dan menghilangkan limbah secara berkala.buah ini menginduksi produksi air liur yang membantu memecah makanan lebih cepat sehingga pencernaan lebih mudah.

  1. Baik untuk gigi dan gusi

Karena buah jamblang memiliki banyak vitamin C, maka baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Sifat antibakteri dari jus ini membantu mengusir bakteri yang mungkin masuk melalui mulut, dan mencegah masalah bau mulut juga.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Tritepenoid hadir dalam buah jamblang yang berkhasiat menghentikan akumulai atau produksi kolesterol dalam tubuh. Ini penting untuk orang yang sudah mengalami gangguan jantung.Jamblang juga mengandung kalium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk kesehatan jantung, mencegah gangguan kardiovaskular, hipertensi dan stroke.

  1. Bermanfaat bagi penderita diabetes

Jamblang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti tidak mengacaukan gula darah kita dan mencegahnya tinggi. Jamblang juga memiliki asam oleanolic yang memiliki sifat anti-diabetes yang membantu mengurangi gejala diabetes, seperti buang air kecil dan rasa haus berlebih. Juga memperlambat akumulasi gula dan lipid dalam darah.

ketawa

 

5 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan

Mohammad Ridwan H                                                                                             Senin, 04 November 2019 | 09.00 WIB

Seperti dilansir dari Suara.com, Senin (04/11/2019) - Sering tertawa ketika mendengar celoteh yang lucu? Berbahagialah Anda yang masih bisa melakukannya. Pasalnya, selain benar-benar menghasilkan aura yang positif, tertawa juga mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan. Simak ulasan berikut seperti dilansir dari Medical Daily.

  1. Menurunkan tekanan darah
    Penelitian telah menemukan dampak positif pada aliran darah peserta setelah mereka menertawakan beberapa acara komedi. Dampak positif ini adalah meningkatkan pelebaran pembuluh darah yang akan menurunkan tekanan darah."Tertawa memang bukan satu-satunya solusi untuk jantung yang sehat, tetapi tampaknya berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah yang pada gilirannya memberi efek positif pada jantung," ujar peneliti utama Jun Sugawara.
  1. Menghilangkanstres
    Tertawa juga meningkatkan respons tubuh dalam menurunkan tingkat stres Anda. Hasilnya, Anda akan merasakan perasaan lega karena hormon oksitosin diproduksi sebagai gantinya. Hal ini terungkap melalui sebuah penelitian di mana tertawa dikaitkan dengan berkurangnya tiga hormon stres yakni kortisol, epinefrin, dan dopac. Masing-masing dari hormon stres ini dilaporkan menurun sebanyak 39 persen, 70 persen, dan 38 persen.Meskipun ini adalah efek jangka pendek, ada kemungkinan tertawa bisa dijadikan sebagai terapi untuk memberi manfaat jangka panjang. Terapi tawa juga dilaporkan dapat menjadi alat manajemen stres, terutama bagi mereka yang menderita kecemasan dan depresi.
  1. Meningkatkan imunitas
    Lee Berk dari Loma Linda University, California, mengatakan kepada TIME bagaimana tertawa juga dikaitkan dengan penurunan tingkat peradangan dan peningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh. Sel-sel ini berperan membantu sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit."Efek ini juga terjadi ketika Anda istirahat cukup, makan dengan benar, dan berolahraga. Itu sebabnya tertawa juga bisa dikategorikan sebagai gaya hidup sehat tradisional," ujar Berk.
  1. Menghilangkan rasa sakit
    Dalam serangkaian percobaan, responden dilaporkan mengalami penurunan rasa nyeri ketika tertawa bersama kelompoknya. "Ketika tawa muncul, ambang nyeri meningkat secara signifikan, sehingga responden cenderung melupakan rasa nyerinya," ujar penelitian.Meskipun fenomena ini tidak dipahami dengan jelas, para peneliti percaya bahwa tertawa dapat melepaskan zat kimia otak atau endorfin dalam tubuh yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menahan rasa sakit.
  1. Latihan fisik
    Jangan menganggap ini berarti tertawa dapat menggantikan aktivitas fisik atau membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi tertawa sekitar 10 hingga 15 menit terbukti dapat membakar hingga 40 kalori menurut penelitian Vanderbilt University Medical Center. Dalam beberapa kasus, gelak tawa yang intens juga dapat melatih beberapa bagian tubuh seperti diafragma, perut, dan bahkan otot-otot bahu Anda.

Mari Tertawa Sebelum Tertawa Itu Dilarang :) 

 

Sumber : https://www.suara.com/health/2019/01/21/191000/rasakan-5-manfaat-dari-tertawa