Artikel Kesehatan

hotline atas2

kapan lambung anak kuat untuk mulai berpuasa?

dr diatrie 1 web

Kapasitas lambung anak sebenarnya sudah mirip dengan dewasa, sehingga anak dapat mulai belajar untuk berpuasa sejak anak mulai dapat memahami konsep berpuasa, bahkan ada yang mengatakan bisa dimulai sejak umur 4 tahun. Namun tentu saja orang tua harus mempertimbangkan kebutuhan makanan dan cairan anak apakah bisa dipenuhi saat buka dan sahur karena untuk anak-anak yang masih muda sering mengalami kesulitan saat harus bangun dan sahur. Namun hal ini bukan kendala untuk berlatih berpuasa. Merupakan proses berlatih dan orang tua dapat menyesuaikan kemampuan anak masing-masing.

dr diatrie web

Sahur dan berbuka disarankan untuk makan makanan yang mencakup variasi nutrisi yang harus terkandung dalam diet sehari-hari. Sebagai gambaran makanan harus mengandung protein (disarankan sumber protein hewani dan terutama daging merah sebagai sumber zat besi), karbohidrat (nasi, roti gandum, pasta, kentang), lemak (minyak zaitun, minyak kelapa), sayur dan buah, produk susu.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi (seperti jus buah kemasan) karena akan menyebabkan perubahan kadar gula darah yang drastis dan menyebabkan anak lemas.

Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh anak selama tidak puasa dengan memberikan 8 gelas air per hari: 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas selepas sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur (Kemenkes RI).

10 Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

17 Amazing Benefits Of Dates For Skin Hair And Health

Gambar : https://travel.tribunnews.com/2017/06/07/jadi-makanan-favorit-saat-berbuka-puasa-inilah-9-manfaat-kurma-yang-perlu-kamu-ketahui?page=2

Berikut ini ada 10 daftar manfaat kurma bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memulihkan Energi Setelah Berpuasa

Manfaat kurma bagi kesehatan yang pertama adalah mampu memulihkan energi setelah berpuasa dengan lebih cepat dibandingkan makanan lain. Kurma memiliki 50-70 persen kandungan glukosa sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan gula ini bisa cepat diserap oleh tubuh dan membuat tubuh akan menjadi bugar kembali. Jadi, ambil manfaat kurma bagi kesehatan ini untuk memulihkan energi Anda yang menurun selama berpuasa.

2. Menguatkan sel-sel pada usus

Manfaat kurma bagi kesehatan yang kedua adalah menguatkan sel-sel usus. Jika kita rutin mengkonsumsi kurma kering, maka kita bisa mendapatkan manfaat berupa sel-sel usus yang menjadi semakin kuat. Hal ini tentu membantu saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari masalah pencernaan, Anda bisa mencoba mengambil manfaat kurma bagi kesehatan yaitu mampu menguatkan sel pada usus hingga berdampak positif bagi kesehatan sistem pencernaan.

3. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Manfaat kurma bagi kesehatan yang tidak terduga lainnya adalah mampu mencegah berbagai penyakit yang berbahaya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita mengkonsumsi kurma secara teratur, maka kita bisa menurunkan resiko terkena stroke. Tak hanya itu, kurma juga memiliki kemampuan dalam membuat sel-sel saraf menjadi lebih tenang sehingga bisa membuat kelenjar gondok terjaga kesehatannya. Jika anak-anak dan para lansia rutin mengkonsumsi kurma di pagi hari, maka mereka akan menurunkan resiko terkena masalah kejiwaan. Sangat besar bukan manfaat kurma bagi kesehatan untuk mencegah berbagai macam penyakit ini?

4. Membantu pemulihan setelah melahirkan

Manfaat kurma bagi kesehatan juga bisa memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan. Tak disangka, ibu yang baru saja melahirkan ternyata sebaiknya rutin mengkonsumsi kurma basah karena bisa mencegah perdarahan setelah melahirkan dan membantu proses pemulihan pada rahim. Adanya kandungan hormon yang mirip dengan hormon oksitosin pada kurma inilah yang disebut-sebut membantu pemulihan setelah melahirkan.

5. Membantu produksi ASI

Tidak hanya berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh ibu yang baru melahirkan saja, konsumsi kurma juga mampu membantu produksi Air Susu Ibu atau ASI. Kurma yang sudah matang ternyata kaya akan zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik. Tak hanya itu, nutrisi kurma membantu pembentukan darah sekaligus tulang sumsum pada bayi semenjak mereka di dalam kandungan.

6. Pencegah Kanker

Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi saja, kurma ternyata juga bermanfaat besar untuk mencegah sel kanker. Manfaat kurma bagi kesehatan yang mampu menekan mutasi sel kanker ini terkait dengan kandungan polifenol yang tinggi pada kurma. Polifenol adalah zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, kurma juga memiliki zat antikanker yang disebut beta D-glucan. Karena itulah, mengonsumsi kurma secara rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu mencegah kanker.

7.Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang jadi momok untuk banyak orang. Jika Anda ingin jantung Anda tetap sehat dan kuat, tentu Anda harus rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Selain rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi kurma secara rutin juga mampu mencegah penyakit jantung. Tidak hanya mencegah penyakit jantung saja, ternyata kurma juga mampu mencegah kolesterol tinggi.

8.Mengatasi Anemia

Penyakit kurang darah atau anemia bisa mengganggu aktivitas seseorang. Ketika mengalami anemia, seseorang akan cenderung mengalami lesu, pucat, dan sakit kepala yang menyakitkan. Nah, salah satu manfaat kurma bagi kesehatan adalah mencegah dan mengobati anemia. Kurma memiliki kandungan asam folat yang tinggi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Maka dari itu, manfaatkan kurma untuk memperbaiki kondisi tubuh akibat anemia.

9.Mengatasi Sembelit

Sembelit atau kesulitan buang air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat merepotkan. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat. Salah satu makanan yang kaya serat adalah kurma. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, Anda dapat terhindar dari masalah buang air besar yang mengganggu.

10.Perawatan Kecantikan Kulit

Ternyata kurma tidak hanya nikmat dikonsumsi saja. Kurma juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit. Kurma mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat penting untuk proses regenerasi kulit. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengonsumsi kurma agar kulit tetap mulus dan terhindar dari masalah penuaan dini.

Saat memilih kurma, ada baiknya kita memilih yang masih memiliki selaput luar atau kulit ari. Pastikan kurma tidak lengket saat dipegang dan tidak terkena lumuran madu atau gula. Pilihlah yang masih memiliki warna cokelat kemerahan atau merah kekuningan. Kurma yang sudah kehitaman cenderung kurang berkualitas dan kurang bersih. Pilih kurma terbaik agar Anda dapat mengambil manfaat kurma bagi kesehatan semaksimal mungkin.

Setelah mengetahui manfaat kurma bagi kesehatan di atas, masih ragukah Anda mengonsumsi kurma yang manis ini?

Sumber : https://doktersehat.com/segudang-manfaat-kurma-bagi-kesehatan/

Oleh Novi Sulistia Wati Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

  • 7 Prinsip Utama untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang adalah beberapa contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Padahal, masalah gigi atau gusi tidak melulu sekadar bikin sulit makan ataupun bicara. Sebuah studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Oleh karena itu, kami menyajikan beberapa tips berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut

1. Jangan sikat gigi terlalu keras

Salah satu tujuan sikat gigi adalah menghilangkan plak gigi. Namun, jika Anda menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi Anda jadi lebih sensitif. Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis (peradangan gusi).

Menyikat gigi haruslah dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi. Biasanya, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar dua menit.

2. Sikat gigi sebelum tidur

Anda pasti tahu jika Anda dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari: bangun pagi dan sebelum beranjak tidur.

Sikat gigi sebelum tidur ternyata dapat menghilangan kuman dan plak pada gigi Anda yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, Anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

3. Gunakan pasta gigi berfluorida

Fluorida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang Anda konsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida.

4. Jangan merokok

Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga melipatgandakan risiko Anda terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu, berhenti merokok sekarang juga.

5. Minum lebih banyak air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut Anda karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda. Bosan dengan rasa air putih yang hambar? Kami punya banyak cara kreatif untuk melatih Anda lebih banyak minum air putih.

6. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Anda mungkin seringkali mendengar nasihat, “Jangan banyak makan makanan manis, nanti giginya bolong”. Ternyata, kita memang tidak boleh sembarangan membantah nasehat orangtua. Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi Anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi Anda cepat berlubang.

Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda hanya perlu membatasi konsumsinya.

7. Makan makanan yang bergizi

Sama halnya dengan air, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Makan makanan yang bergizi — termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu — dapat memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa omega-3 lemak — jenis lemak sehat dalam makanan laut— dapat dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi. 

sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/tips-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut/

9 Kebiasaan Yang Wajib Diterapkan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Perhatikan gejala yang mungkin timbul Tidak hanya untuk orang-orang yang berisiko terkena penyakit jantung, mewaspadai setiap perubahan dalam tubuh pada dasarnya wajib dilakukan oleh setiap orang untuk berjaga-jaga. Ilustrasi serangan jantung(stevanovicigor) Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menuliskan perubahan atau sensasi yang timbul setiap kali Anda merasakannya. Misalnya kesulitan menarik napas, sesak saat berbaring atau saat beraktivitas, timbul bengkak pada kaki dan tangan, dan gejala lainnya. Beritahu dokter jika Anda merasakan gejala tersebut. Baca juga : Tak Cuma Nyeri Dada, Ini Ciri-ciri Lain Tanda Jantung Bermasalah.

 

  1. Rutin olahraga Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap sehat. Olahragalah setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Tidak ada batasan jenis olahraga apa yang bisa dan harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Semua olahraga pada dasarnya baik. Anda dapat berjalan kaki, jogging, naik sepeda, berenang, yoga, atau bahkan tinju. Ilustrasi lompat tali(BananaStock) Jika Anda tak biasa berolahraga, cek dulu dengan dokter untuk melihat apakah ada batasan tentang apa yang boleh dan tak boleh Anda lakukan. Aktivitas fisik pun tak terbatas hanya dengan olahraga. Saat Anda berada di kantor, jadwalkan istirahat pendek untuk bangkit, gerakkan kaki dan tangan Anda, dan lakukan pemanasan ringan untuk memompa jantung Anda. Pergi makan siang ke tempat yang agak jauh dengan jalan kaki, jangan melulu hanya makan di meja kerja. Baca juga : Yoga dan Aerobic Bisa Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung.

 

  1. Rutin cek tekanan darah Rutin mengecek tekanan darah setiap hari dapat mencegah penyakit jantung. Pada umumnya, tekanan darah bisa dibilang normal ketika menunjukkan angka di bawah 120/80 mmHg. Saat angka sistolik (angka atas) Anda berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya Anda memiliki “prehipertensi”. Ilustrasi mengukur tekanan darah(SerafinoMozzo) Meskipun angka ini belum bisa dianggap hipertensi, tetap saja ini di atas angka normal. Semakin tinggi nilai tensi darah, semakin Anda berisiko hipertensi di kemudian hari. Hipertensi itu sendiri membuat Anda berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Gunakan obat hipertensi yang diresepkan dokter apabila tekanan darah sudah lebih tinggi dari seharusnya. Segeralah ke dokter jika tekanan darah Anda berubah. Baca juga : 10 Tips Gaya Hidup bagi Kesehatan Jantung.

 

  1. Batasi asupan kolesterol Cara ideal untuk menjaga tekanan darah adalah dengan mengendalikan asupan lemak jenuh dan kolesterol selalu dalam batas wajar. Jika kadar kolesterol LDL Anda sudah lebih dari 200 mg/dL, sebaiknya Anda berhati-hati. Kadar kolesterol jahat LDL yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah jantung. Jika Anda sudah mengalami serangan jantung, targetkan LDL Anda menjadi 70 mg/dL atau di bawahnya. Ilustrasi makan sendiri(Digital Vision.) Hindari atau batasi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol darah, seperti daging berlemak, sosis dan daging burger, mentega, krim, hingga kue, biskuit, cokelat, dan permen. Intinya, batasi garam, lemak, dan gula. Perbanyak makan makanan berserat dan ikan. Terkadang diet dan olahraga saja tidak cukup untuk menurunkan kolesterol pada beberapa orang. Dokter dapat meresepkan obat penurun kolesterol untuk kasus seperti ini. Baca juga : Makanan Manis dan Dampaknya pada Kesehatan Jantung.

  1. Perbanyak minum air putih Rajin minum air putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pengidap penyakit jantung, perlu menanyakan kepada dokter apakah ia perlu membatasi jumlah cairan yang diminum setiap hari. Perlu diingat, bukan hanya berapa banyak yang diminum. Sumber cairan lain juga perlu diperhitungkan, seperti es krim, agar, dan sup. Ilustrasi minum sehabis berolahraga(Eyecandy Images) Jika memang perlu membatasi cairan, timbanglah berat badan setiap pagi. Peningkatan berat badan yang cepat bisa menjadi pertanda bahwa cairan menumpuk di dalam tubuh. Baca juga : Ini Rahasia Hidup Bebas Penyakit Jantung.

 

  1. Perbanyak makan buah dan sayur Makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Makanan berserat juga membantu mengelola berat badan yang sehat. Kita bisa mendapatkan asupan serat dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan. Ilustrasi makanan sehat(Martinina) Alpukat, apel, pir, dan pisang termasuk kelompok buah-buahan yang tinggi serat. Sementara itu, brokoli, wortel, dan bayam termasuk dalam sayuran yang tinggi kandungan seratnya. Gandum utuh, kacang merah, kacang kedelai, dan beras merah juga termasuk bahan pangan kaya serat. Susu rendah lemak atau bebas lemak juga baik untuk kesehatan. Anda masih boleh makan daging dan seafood, namun pilih daging yang tidak berlemak sebagai sumber protein hewani Anda. Baca juga : Mengapa Obesitas Memicu Penyakit Jantung.

 

  1. Belajar mengelola stres Stres adalah hal yang wajar terjadi. Masalahnya bukanlah apa yang menyebabkan stres, tapi bagaimana kita meresponnya. Saat kita sedang berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih keras. Tekanan darah bisa meningkat sebagai akibatnya. Ilustrasi melamun(g-stockstudio) Stres kronis dapat berujung pada serangan jantung jika tidak dikelola dengan baik. Untuk mencegah penyakit jantung yang dipicu oleh stres, Anda harus pintar-pintar mengelola emosi. Jika stres sudah dirasa berlebihan, curhatlah pada seseorang, baik orang terdekat maupun konselor profesional. Anda juga dapat mencoba meditasi, yoga, atau teknik pernapasan dalam. Baca juga : Serangan Jantung Bisa Terjadi Saat Tidur! Ketahui 5 Gejalanya.

 

  1. Berhenti merokok Jika Anda seorang perokok, berhentilah merokok. Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan merusak pembuluh darah. Oleh karena itu, berhenti merokok dan/atau menghindari paparan asap rokok dapat membantu pencegah penyakit jantung.

 

  1. Konsumsi obat secara teratur (bagi yang sudah punya penyakit jantung) Terkadang, perubahan gaya hidup saja tidak cukup mencegah penyakit jantung. Anda mungkin harus minum obat penurun tekanan darah atau kolesterol untuk mengurangi risiko serangan jantung. Ilustrasi obat(megaflopp) Jika dokter sudah memberikan obat-obatan yang harus dikonsumsi, Anda harus patuh dengan meminumnya secara teratur sesuai dengan petunjuk dokter.

 

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/19/095809320/9-kebiasaan-yang-wajib-diterapkan-untuk-menjaga-kesehatan-jantung

Penulis : Wisnubrata

Oleh Monika Nanda Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: .

5 Langkah Mudah Mencegah Demam Berdarah

DBD (Demam Berdarah Dengue), atau yang lebih dikenal dengan demam berdarah, disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Untuk mencegah demam berdarah, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging untuk mencegah jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak. Namun, pencegahan juga tetap harus Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut 5 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah demam berdarah.

1. Bersihkan bak mandi Anda seminggu sekali

Air merupakan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti . Nyamuk betina bertelur pada dinding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya. Selama masa ini, larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga mencapai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah cukup kuat, selanjutnya larva akan berubah menjadi pupa. Pada tahap pupa, tidak dibutuhkan makanan. Pupa hanya akan mengalami perubahan bentuk hingga akhirnya menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Keseluruhan siklus ini berlangsung 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Membersihkan bak mandi Anda setidaknya satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti.

2. Perhatikan perabotan rumah tangga Anda yang menampung air

Baskom berisi air, vas bunga, ember, dan wadah lain yang dapat menampung air berpotensi menjadi tempat nyamuk bersarang. Rajin-rajinlah membersihkan tempat-tempat tersebut setidaknya dua kali seminggu untuk mengurangi risiko munculnya nyamuk pembawa demam berdarah.

3. Gunakan kasa nyamuk

Kasa nyamuk berguna untuk mencegah masuknya nyamuk dari luar rumah. Anda bisa memasang kasa nyamuk ini pada pintu dan jendela Anda.

4. Jangan menumpuk atau menggantung baju terlalu lama

Sesekali perhatikanlah gantungan baju Anda di balik pintu. Baju kotor yang menumpuk dapat menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat nyamuk berkembang biak, tetapi merupakan tempat favorit nyamuk hinggap. Hal ini dikarenakan nyamuk menyukai aroma tubuh manusia. Jika Anda memang harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai, letakkan baju pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan lotion anti nyamuk atau kelambu

Ketika Anda hendak bepergian, jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian. Namun tidak hanya saat bepergian, Anda tetap harus melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika sedang tidur karena nyamuk demam berdarah aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Selain menggunakan lotion anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur juga dapat membantu menghindari gigitan nyamuk dan mencegah demam berdarah.

Reputasi buruk makanan olahan didapat karena biasanya makanan ini sudah melewati banyak proses serta penambahan sejumlah zat. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal medis “Environmental and Molecular Mutagenesis”, makanan olahan berupa daging yang dimasak dengan susu tinggi dapat membentuk senyawa bersifat mutagenik, yang mampu meningkatkan risiko kanker di masa mendatang.

Sebetulnya kebanyakan makanan memang melalui proses. Misalnya daging giling, pembuatan mentega, dan lain-lain. Namun ada perbedaan antara proses mekanis dan proses kimiawi. Makanan kemasan yang melalui proses tanpa bahan kimia masih dikategorikan real food. Namun, jika sudah ada proses kimiawi dan dibuat dari bahan-bahan olahan dan zat buatan, inilah yang dikategorikan sebagai makanan olahan.

Berikut ini adalah alasan makanan olahan bisa berdampak buruk bagi tubuh Anda.

1. Tinggi gula dan sirop jagung tinggi fruktosa

Makanan atau minuman olahan biasanya sarat dengan gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, sudah jelas bahwa pemanis buatan tak baik untuk tubuh. Gula memang tidak memiliki nutrisi penting, tapi kaya akan energi. Namun, apakah tubuh selalu membutuhkannya?

Tentu tidak, mengingat ada sesi-sesi dimana tubuh tidak akan banyak bergerak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa gula dapat memiliki efek buruk pada metabolisme yang melampaui kandungan kalori. Kondisi ini dapat menyebabkan resistensi insulin, trigliserida tinggi, peningkatan kadar kolesterol jahat, serta peningkatan akumulasi lemak di hati serta rongga perut. Tak heran, konsumsi gula berkaitan erat dengan beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes.

Tengok saja, minuman bersoda. Menurut keterangan dari dr. Sepriani Timurtini Limbongdari KlikDokter, satu kaleng soft drink mengandung 30 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh gula. Jumlah tersebut tentu sangat tinggi.

“Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa risiko diabetes mellitus meningkat 26 persen pada mereka yang minum 1-2 soft drink per hari,” tambahnya.

Tak hanya itu, dr. Fiona Amalia, MPH, dari KlikDokter juga menambahkan, bahwa gula tambahan berkaitan dengan rendahnya kadar kolesterol baik. Karenanya, konsumsi gula tambahan perlu dibatasi, maksimal 6 sendok atau 25 gram per hari.

2. Bikin ketagihan

Dilansir dari Medical News Today, beberapa orang mengalami kecanduan makanan olahan dan mampu kehilangan kendali. Memang kecanduan ini terdengar “biasa saja” jika dibandingkan dengan kecanduan obat-obatan terlarang. Namun, ini bisa berbahaya untuk kesehatan. Kombinasi makanan olahan dan minuman dengan pemanis buatan berlebih, misalnya, bisa mengaktifkan area yang sama di otak layaknya narkoba.

3. Tinggi karbohidrat

Memang betul bahwa karbohidrat adalah sumber energi yang baik untuk tubuh. Namun, jika asupan tersebut kelewat berlebihan, maka kadar gula darah bisa melonjak. Perlu diketahui bahwa asupan karbohidrat berlebihan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari kelebihan berat badan hingga meningkatnya risiko terkena diabetes.

4. Rendah nutrisi

Makanan olahan diketahui sangat rendah nutrisi. Pada beberapa kasus, vitamin dan mineral sintetis ditambahkan ke makanan untuk mengimbangi apa yang hilang selama pemrosesan. Namun, nilai gizinya tak sebanding dengan makanan segar yang diolah sendiri.

Semakin banyak Anda mengonsumsi makanan olahan, semakin sedikit vitamin, mineral, dan kandungan gizi lainnya yang bisa Anda dapat. Justru, yang terjadi adalah makanan olahan bisa bikin berat badan melonjak.

5. Tinggi lemak trans

Konsumsi makanan olahan mengandung lemak trans, dapat mendorong oksidasi serta peradangan pada tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika orang makan makanan mengandung kadar lemak tersebut, ia mengalami peningkatan risiko penyakit jantung.

“Sama seperti lemak jenuh, lemak trans juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Idealnya, rekomendasi konsumsi lemak trans yang adalah 0 gr/hari atau tidak mengonsumsi sama sekali. Namun, terkadang pada label makanan meski tertera 0 gr lemak trans, tapi dalam produk tersebut masih mengandung lemak trans kurang dari 0.5 gr per porsi. Lemak trans dapat ditemui pada margarin, makanan yang digoreng, kue dan berbagai camilan,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter menjelaskan.

Cara terbaik untuk menghindari lemak trans adalah berhenti konsumsi makanan olahan. Carilah makanan dengan sumber lemak alami seperti pada minyak kelapa dan minyak zaitun sebagai solusi alternatif yang tepat untuk kudapan Anda.

Itu dia beberapa alasan kenapa Anda harus menjauhi makanan olahan, yaitu karena perlahan bisa merusak kesehatan Anda. Daripada membuang uang untuk membeli makanan olahan, lebih baik pilih makanana dari bahan segar, yang kandungan nutrisinya baik untuk tubuh. 

 

 

sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623491/5-alasan-makanan-olahan-bisa-merusak-kesehatan