Artikel Kesehatan

hotline web

urinee

Urine bukanlah sekedar produk limbah dari tubuh. Berbagai tes kesehatan dilakukan dengan memanfaatkan urine. Bahkan warna urine dapat dijadikan indikator kesehatan. Bagaimana caranya?

Urine merupakan produk limbah dari tubuh yang tidak mengandung racun. Urine mengandung 95 persen air, 2,5 persen urea dan sisanya 2,5 persen merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral.

Urine normal biasanya akan berwarna kuning bercahaya, karena merupakan hasil ekskresi (pengeluaran) pigmen yang ditemukan dalam darah yang disebut urochrome. Tapi urine bisa berubah warna, sesuai dengan makanan atau penyakit yang diderita seseorang.

Seperti dilansir dari health.detik.com, Selasa (16/7/2019), berikut beberapa warna urine dan indikasinya:

A. Warna jernih atau tidak berwarna

  1. Terlalu banyak minum cairan. Hati-hati, jangan terlalu banyak minum karena juga bisa membahayakan tubuh. Minum air disesuaikan dengan berat badan (berat badan 60 kg berarti minum 2 liter air per hari).
  2. Gangguan hati, seperti hepatitis virus akut atau sirosis. Tapi ini biasanya ditandai dengan gejala lain, yaitu menguning, kulit kuning, mual, muntah, demam dan kelelahan.


B. Warna kuning cerah atau neon
     Suplemen vitamin yang diminum terlalu berlebihan atau tidak diserap oleh tubuh.

C. Warna kuning gelap atau emas
     Dehidrasi. Perbanyak minum, tapi sesuaikan dengan berat badan Anda, jangan sampai justru minum berlebihan.

D. Warna merah muda atau merah

  1. Terdapat darah di urin dari ginjal atau infeksi kandung kemih. Jika Anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka segera konsultasi ke dokter.
  2. Makan makanan berwarna merah atau merah muda terlalu banyak, seperti bit, berry atau pewarna makanan.
  3. Efek samping dari beberapa obat pencahar.


E. Warna oranye atau jingga

  1. Efek samping obat
  2. Makan terlalu banyak jeruk atau makanan merah, seperti bit dan biji-bijian atau makanan dengan pewarna buatan.
  3. Dehidrasi


F. Warna biru atau hijau

  1. Efek samping obat tertentu
  2. Makan makanan hijau terlalu banyak, seperti asparagus atau makanan dengan pewarna buatan biru atau hijau.


G. Warna coklap gelap atau seperti teh

  1. Gangguan hati, terutama jika disertai dengan tinja berwarna pucat dan kulit kuning
  2. Efek samping obat tertentu


H. Warna berawan atau keruh

  1. Infeksi saluran kemih. Jika Anda mengalami sakit di punggung atau perut bagian bawah, urgensi kemih, dan merasa seperti demam, maka segera konsultasi ke dokter.
  2. Batu ginjal, biasanya disertai dengan rasa sakit yang lain, segera konsultasikan ke dokter.
  3. Terlalu banyak makan asparagus.

 

Diedit oleh : M.Ridwan.Hidayatuloh

04 Juli 2019, 09:16 WIB

Sumber : doktersehat.com, lifestyle.okezone.com

 8 sarapan sehat penambah energi di pagi hari

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (04/07/2019), Karena bangun kesiangan atau khawatir akan terkena kemacetan, banyak orang yang akhirnya memilih untuk tidak sarapan dan mengonsumsi brunch.

 Apa itu brunch? Brunch adalah sebuah istilah yang digunakan saat menyantap makanan ketika di luar waktu makan antara sarapan dan makan siang. Istilah brunch merupakan singkatan dari breakfast (sarapan) dan lunch (makan siang).Waktu menyantap brunch adalah mulai pukul 11.00-15.00 WIB.

Brunch berasal dari Inggris sekitar 1800-an dan disajikan dengan cara prasmanan, kemudian kegiatan ini menjadi popular di Amerika Serikat sejak 1930-an dan terus berkembang ke seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. menu brunch biasanya terdiri dari jenis makanan yang tidak berat seperti main course tetapi juga bukan snack yang biasa dibuat camilan. Beberapa menu brunch ini antara lain bisa berupa makanan manis dan bisa juga makanan gurih. Burger, sandwich, pancake dan éclair termasuk beberapa dari contoh menu brunch.

Di Indonesia menu brunch bisa dinikmati di kafe-kafe, orang sering menyantap makanan brunch sambil melakukan kegiatan seperti rapat, ngobrol dengan teman atau lain sebagainya. Brunch juga terkadang dilakukan saat sore hari sambil menyeruput secangkir teh atau kopi. Oleh karena itu brunch sering dijadikan ajang bersosialisasi dengan sesama teman atau keluarga.Tidak hanya itu, brunch juga terkadang bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak sempat menyantap sarapan namun harus segera menghadiri meeting atau kegiatan lainnya.

Pakar kesehatan Jansen Ongko menyebutkan bahwa sarapan pagi bisa mempengaruhi pola makan seharian kita, baik itu makan siang, makan malam, hingga konsumsi camilan. Agar tidak mengonsumsi makanan di waktu-waktu tersebut dengan berlebihan, Jansen menyarankan kita untuk mengonsumsi sarapan yang mencukupi kebutuhan 15-30 persen gizi harian. Sementara itu, Ketua Pergizi Pangan Hardinsyah menyebutkan bahwa demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, ada baiknya kita memastikan sarapan pagi kita mencakup sumber karbohidrat, protein, serat dari buah dan sayur, vitamin, mineral, serta lemak sehat.

Selain itu,demi mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsinya terlalu siang. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi sarapan pagi sekitar setengah jam atau satu jam setelah kita bangun tidur. batasan paling siang untuk mengonsumsi sarapan adalah pukul 09.00 pagi atau sebelum kita benar-benar disibukkan dengan aktivitas fisik.

Jika kita sarapan di atas jam tersebut, maka hal ini sudah tidak bisa dianggap sebagai sarapan dan kita pun akan cenderung lebih banyak mengonsumsi makanan dan camilan setelahnya. Telah menjadi rahasia umum jika melewatkan waktu sarapan bisa berimbas pada tubuh yang lemas, susah berpikir, memicu kenaikan berat badan, hingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti masalah asam lambung. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mengonsumsinya sebelum pukul 09.00.

kapan lambung anak kuat untuk mulai berpuasa?

dr diatrie 1 web

Kapasitas lambung anak sebenarnya sudah mirip dengan dewasa, sehingga anak dapat mulai belajar untuk berpuasa sejak anak mulai dapat memahami konsep berpuasa, bahkan ada yang mengatakan bisa dimulai sejak umur 4 tahun. Namun tentu saja orang tua harus mempertimbangkan kebutuhan makanan dan cairan anak apakah bisa dipenuhi saat buka dan sahur karena untuk anak-anak yang masih muda sering mengalami kesulitan saat harus bangun dan sahur. Namun hal ini bukan kendala untuk berlatih berpuasa. Merupakan proses berlatih dan orang tua dapat menyesuaikan kemampuan anak masing-masing.

dr diatrie web

Sahur dan berbuka disarankan untuk makan makanan yang mencakup variasi nutrisi yang harus terkandung dalam diet sehari-hari. Sebagai gambaran makanan harus mengandung protein (disarankan sumber protein hewani dan terutama daging merah sebagai sumber zat besi), karbohidrat (nasi, roti gandum, pasta, kentang), lemak (minyak zaitun, minyak kelapa), sayur dan buah, produk susu.

Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula yang tinggi (seperti jus buah kemasan) karena akan menyebabkan perubahan kadar gula darah yang drastis dan menyebabkan anak lemas.

Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh anak selama tidak puasa dengan memberikan 8 gelas air per hari: 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas selepas sahur, 1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah sholat maghrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah sholat isya, 1 gelas setelah sholat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur (Kemenkes RI).

10 Manfaat Kurma bagi Kesehatan Tubuh

17 Amazing Benefits Of Dates For Skin Hair And Health

Gambar : https://travel.tribunnews.com/2017/06/07/jadi-makanan-favorit-saat-berbuka-puasa-inilah-9-manfaat-kurma-yang-perlu-kamu-ketahui?page=2

 

Berikut ini ada 10 daftar manfaat kurma bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Memulihkan Energi Setelah Berpuasa

Manfaat kurma bagi kesehatan yang pertama adalah mampu memulihkan energi setelah berpuasa dengan lebih cepat dibandingkan makanan lain. Kurma memiliki 50-70 persen kandungan glukosa sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan gula ini bisa cepat diserap oleh tubuh dan membuat tubuh akan menjadi bugar kembali. Jadi, ambil manfaat kurma bagi kesehatan ini untuk memulihkan energi Anda yang menurun selama berpuasa.

2. Menguatkan sel-sel pada usus

Manfaat kurma bagi kesehatan yang kedua adalah menguatkan sel-sel usus. Jika kita rutin mengkonsumsi kurma kering, maka kita bisa mendapatkan manfaat berupa sel-sel usus yang menjadi semakin kuat. Hal ini tentu membantu saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari masalah pencernaan, Anda bisa mencoba mengambil manfaat kurma bagi kesehatan yaitu mampu menguatkan sel pada usus hingga berdampak positif bagi kesehatan sistem pencernaan.

3. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Manfaat kurma bagi kesehatan yang tidak terduga lainnya adalah mampu mencegah berbagai penyakit yang berbahaya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita mengkonsumsi kurma secara teratur, maka kita bisa menurunkan resiko terkena stroke. Tak hanya itu, kurma juga memiliki kemampuan dalam membuat sel-sel saraf menjadi lebih tenang sehingga bisa membuat kelenjar gondok terjaga kesehatannya. Jika anak-anak dan para lansia rutin mengkonsumsi kurma di pagi hari, maka mereka akan menurunkan resiko terkena masalah kejiwaan. Sangat besar bukan manfaat kurma bagi kesehatan untuk mencegah berbagai macam penyakit ini?

4. Membantu pemulihan setelah melahirkan

Manfaat kurma bagi kesehatan juga bisa memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan. Tak disangka, ibu yang baru saja melahirkan ternyata sebaiknya rutin mengkonsumsi kurma basah karena bisa mencegah perdarahan setelah melahirkan dan membantu proses pemulihan pada rahim. Adanya kandungan hormon yang mirip dengan hormon oksitosin pada kurma inilah yang disebut-sebut membantu pemulihan setelah melahirkan.

5. Membantu produksi ASI

Tidak hanya berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh ibu yang baru melahirkan saja, konsumsi kurma juga mampu membantu produksi Air Susu Ibu atau ASI. Kurma yang sudah matang ternyata kaya akan zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik. Tak hanya itu, nutrisi kurma membantu pembentukan darah sekaligus tulang sumsum pada bayi semenjak mereka di dalam kandungan.

6. Pencegah Kanker

Tidak hanya lezat untuk dikonsumsi saja, kurma ternyata juga bermanfaat besar untuk mencegah sel kanker. Manfaat kurma bagi kesehatan yang mampu menekan mutasi sel kanker ini terkait dengan kandungan polifenol yang tinggi pada kurma. Polifenol adalah zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, kurma juga memiliki zat antikanker yang disebut beta D-glucan. Karena itulah, mengonsumsi kurma secara rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu mencegah kanker.

7.Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang jadi momok untuk banyak orang. Jika Anda ingin jantung Anda tetap sehat dan kuat, tentu Anda harus rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Selain rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi kurma secara rutin juga mampu mencegah penyakit jantung. Tidak hanya mencegah penyakit jantung saja, ternyata kurma juga mampu mencegah kolesterol tinggi.

8.Mengatasi Anemia

Penyakit kurang darah atau anemia bisa mengganggu aktivitas seseorang. Ketika mengalami anemia, seseorang akan cenderung mengalami lesu, pucat, dan sakit kepala yang menyakitkan. Nah, salah satu manfaat kurma bagi kesehatan adalah mencegah dan mengobati anemia. Kurma memiliki kandungan asam folat yang tinggi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Maka dari itu, manfaatkan kurma untuk memperbaiki kondisi tubuh akibat anemia.

9.Mengatasi Sembelit

Sembelit atau kesulitan buang air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat merepotkan. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat. Salah satu makanan yang kaya serat adalah kurma. Dengan mengonsumsi kurma secara rutin, Anda dapat terhindar dari masalah buang air besar yang mengganggu.

10.Perawatan Kecantikan Kulit

Ternyata kurma tidak hanya nikmat dikonsumsi saja. Kurma juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan kulit. Kurma mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat penting untuk proses regenerasi kulit. Maka dari itu, rajin-rajinlah mengonsumsi kurma agar kulit tetap mulus dan terhindar dari masalah penuaan dini.

Saat memilih kurma, ada baiknya kita memilih yang masih memiliki selaput luar atau kulit ari. Pastikan kurma tidak lengket saat dipegang dan tidak terkena lumuran madu atau gula. Pilihlah yang masih memiliki warna cokelat kemerahan atau merah kekuningan. Kurma yang sudah kehitaman cenderung kurang berkualitas dan kurang bersih. Pilih kurma terbaik agar Anda dapat mengambil manfaat kurma bagi kesehatan semaksimal mungkin.

Setelah mengetahui manfaat kurma bagi kesehatan di atas, masih ragukah Anda mengonsumsi kurma yang manis ini?

Sumber : https://doktersehat.com/segudang-manfaat-kurma-bagi-kesehatan/

Optimasi website by Jasa Pembuatan Website

Oleh Novi Sulistia Wati Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

  • 7 Prinsip Utama untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sariawan, gusi bengkak, bau mulut, atau gigi berlubang adalah beberapa contoh dari kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Padahal, masalah gigi atau gusi tidak melulu sekadar bikin sulit makan ataupun bicara. Sebuah studi menemukan bahwa kesehatan gigi dan mulut yang buruk dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit membahayakan.

Oleh karena itu, kami menyajikan beberapa tips berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Cara mudah menjaga kesehatan gigi dan mulut

1. Jangan sikat gigi terlalu keras

Salah satu tujuan sikat gigi adalah menghilangkan plak gigi. Namun, jika Anda menyikat gigi terlalu keras, gesekannya dapat merobek gusi dan mengikis enamel gigi yang relatif tipis. Akibatnya, gigi Anda jadi lebih sensitif. Selain itu, cara sikat gigi yang tidak benar dapat menyebabkan plak gigi malah menumpuk dan mengeras yang dapat berakibat pada gingivitis (peradangan gusi).

Menyikat gigi haruslah dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar dan memijat gigi. Biasanya, lama durasi yang efektif untuk sikat gigi adalah sekitar dua menit.

2. Sikat gigi sebelum tidur

Anda pasti tahu jika Anda dianjurkan untuk sikat gigi setidaknya dua kali sehari: bangun pagi dan sebelum beranjak tidur.

Sikat gigi sebelum tidur ternyata dapat menghilangan kuman dan plak pada gigi Anda yang menumpuk lama sepanjang hari. Selain menyikat gigi, Anda juga dianjurkan untuk menyikat lidah demi menghilangkan kuman atau plak yang menempel pada lidah.

3. Gunakan pasta gigi berfluorida

Fluorida adalah unsur alami yang dapat ditemukan di banyak hal, seperti air minum dan makanan yang Anda konsumsi. Fluorida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan enamel gigi. Fluorida juga merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman yang dapat menyebabkan kerusakan, serta menyediakan perlindungan alami untuk gigi Anda. Oleh karena itu, gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluorida.

4. Jangan merokok

Tembakau dapat menyebabkan gigi menguning dan bibir menghitam. Merokok juga melipatgandakan risiko Anda terhadap penyakit gusi dan kanker mulut. Oleh karena itu, berhenti merokok sekarang juga.

5. Minum lebih banyak air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk bagi kesehatan mulut Anda karena aktivitas minum dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda. Bosan dengan rasa air putih yang hambar? Kami punya banyak cara kreatif untuk melatih Anda lebih banyak minum air putih.

6. Batasi konsumsi makanan yang manis dan asam

Anda mungkin seringkali mendengar nasihat, “Jangan banyak makan makanan manis, nanti giginya bolong”. Ternyata, kita memang tidak boleh sembarangan membantah nasehat orangtua. Makanan manis dan asam akan diubah menjadi asam oleh bakteri di mulut yang kemudian dapat menggerogoti enamel gigi Anda. Asam inilah yang menyebabkan gigi Anda cepat berlubang.

Tidak perlu menghentikan konsumsi gula sama sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda hanya perlu membatasi konsumsinya.

7. Makan makanan yang bergizi

Sama halnya dengan air, makan makanan yang bergizi juga baik untuk kesehatan gigi dan mulut Anda. Makan makanan yang bergizi — termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran, dan produk susu — dapat memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa omega-3 lemak — jenis lemak sehat dalam makanan laut— dapat dapat mengurangi risiko peradangan, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi. 

sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/tips-menjaga-kesehatan-gigi-dan-mulut/