Artikel Kesehatan

hotline

Oleh: dr. Silfia Mandasari, Sp.DV (12 Januari 2022)

 

Dear Syahid Lovers, pernahkah Syahid Lovers melihat atau bahkan mengalami kondisi dimana terdapat gumpalan-gumpalan berwarna kekuningan di area kelopak mata? Hmm, apabila pernah, sebenarnya itu apa ya?

 

Ternyata, kondisi ini memiliki nama lho, Syahid Lovers. Adapun istilah dari kondisi ini yaitu Xanthelasma. Xanthelasma merupakan munculnya gumpalan atau plak kekuningan yang disebabkan oleh tumpukan lemak bawah kulit yang muncul di area kelopak mata. Lantas, apakah kondisi ini berbahaya bagi kesehatan?

 

Kondisi ini masih aman dan tidak berbahaya. Namun, kondisi ini cukup meresahkan bagi beberapa orang dikarenakan dapat menganggu penampilan. Lalu, apakah ada cara untuk menghilangkan plak-plak Xanthelasma ini?

 

Tentu saja ada Syahid Lovers. Diketahui bahwa ada beberapa cara di antara lainnya adalah:

  • Elektrokauterisasi

Elekrokauterisasi merupakan suatu metode penghancuran jaringan Xanthelasma dengan menggunakan alat khusus yaitu elektrokauter.

  • Bedah Kimia

Bedah kimia merupakan tindakan destruksi atau penghancuran Xanthelasma dengan menggunakan larutan kimia khusus yang bersifat asam dengan konsentrasi tinggi. Dimana larutan kimia tersebut akan menghancurkan jaringan lemak Xanthelasma.

 

Nah Syahid Lovers, sudah jelas 'kan pemaparannya mengenai Xanthelasma? Apabila Syahid Lovers mengalami kondisi tersebut, Syahid Lovers dapat berkonsultasi segera ke dokter spesialis kulit dan kelamin di Rumah Sakit Syarif Hidayatullah. Yuk, kawal terus kesehatan kita dengan aktif melakukan pencegahan.

 

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lain bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang yang mengetahui."

(Q.S. Ar-Rum:22)