Artikel Kesehatan

hotline web

jamblang 1

Beberapa Manfaat Buah Jamblang atau Duwet Untuk kesehatan

Mohammad Ridwan H                                                                                                                                                                  Selasa, 5 November 2019 |08.48 WIB

 

Dilansir dari TRIBUNJOGJA.COM, Senin (04/11/2019) - Syzygium cumini adalah nama ilmiah untuk tanaman ini. Kita lebih mengenalnya sebagai nama buah Jamblang atau Duwet.

Dikutip TRIBUNJOGJA.COM dari intisari.grid.id,Pohon tropis yang tumbuhnya lambat ini merupakan tanaman asli Indian Subbenua. Namun, sekarang telah menyebar ke belahan dunia.

Beberapa orang masih agak bingung karena mirip blackberry.

 

Buahnya berubah warna dari hijau ketika muda lalu menjadi hitam keunguan ketika matang.Buah kecil ini memiliki gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein, serat, dan juga mengandung fenol, tritepenoid, minyak esensial, minyak atsiri, jambosin, asam organik, asam oleanolic, tanin, antosianin, asam ellagik, dan flavonoid.

Selain itu mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan fosfor. Juga sangat kaya akan vitamin C dengan jumlah riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin B6 yang signifikan.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah jamblang atau duwet.

 

  1. Pembersih darah alami

Kandungan zat besi dalam buah jamblang memastikan bahwa darah beroksigen dengan jumlah hemoglobin yang baik dapat mencapai seluruh bagian tubuh. Kulit yang bersih adalah tanda darah murni. Menerapkan pasta bubuk biji jamblang bisa mengurangi jerawat.

  1. Membantu pencernaan

Jamblang bertindak sebagai pendingin dan membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, disentri, dan dispepsia. Serbuk kulit kayu dan biji tanaman ini mengatur tubuh untuk buang air besar yang sehat dan menghilangkan limbah secara berkala.buah ini menginduksi produksi air liur yang membantu memecah makanan lebih cepat sehingga pencernaan lebih mudah.

  1. Baik untuk gigi dan gusi

Karena buah jamblang memiliki banyak vitamin C, maka baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C membantu menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Sifat antibakteri dari jus ini membantu mengusir bakteri yang mungkin masuk melalui mulut, dan mencegah masalah bau mulut juga.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Tritepenoid hadir dalam buah jamblang yang berkhasiat menghentikan akumulai atau produksi kolesterol dalam tubuh. Ini penting untuk orang yang sudah mengalami gangguan jantung.Jamblang juga mengandung kalium yang merupakan mineral yang diperlukan untuk kesehatan jantung, mencegah gangguan kardiovaskular, hipertensi dan stroke.

  1. Bermanfaat bagi penderita diabetes

Jamblang memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti tidak mengacaukan gula darah kita dan mencegahnya tinggi. Jamblang juga memiliki asam oleanolic yang memiliki sifat anti-diabetes yang membantu mengurangi gejala diabetes, seperti buang air kecil dan rasa haus berlebih. Juga memperlambat akumulasi gula dan lipid dalam darah.