Artikel Kesehatan

hotline atas2

banner

www.rssyarifhidayatullah.com Tangsel -  Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah , hikmah dan ampunan. Oleh karena itu berbagai amal perbuatan kita menjadi pahala yang berkali lipat. Merupakan hal yang sia-sia jika pada kesempatan bulan Ramadhan ini kita tidak berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Selain itu kita juga perlu menjaga kesehatan kita di bulan Ramadhan ini. 

Berikut tips kesehatan agar Ramadhan menjadi sehat dan berkah: 

  1. Tetaplah beraktivitas seperti biasa. sambil anda ukur kapasitas produktivitas anda sekaranf ketika berpuasa itu seberapa besar. Kalau sudah dapat gambarannya, silahkan cocokkan dengan agenda anda selama bulan ramadhan ini. 
  2. Kurangi hal-hal yang bersifat mubah, apalagi makruh. Fokus perbanyak melakukan hal-hal yang wajib dan sunnah. 
  3. Sahur, optimalkan diri untuk mengonsumsi makanan yang berserat. seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. 
  4. ketika tiba waktu buka puasa, makanlah dengan makanan yang manis rasanya. sesuai dengan sunnah Rassulullah Saw berbukalah dengan air putih dan kurma terlebih dahulu. 
  5. Tentunya, konsumsi makanan yang manis secukupnya saja jangan berlebihan, karena kebanyakan gula juga mengakibatkan ngantuk dan dapat menggangu berat badan anda selama berpuasa.
  6. Serta kurangi juga memakan makanan yang asin dan berlemak.
  7. Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang. Termasuk jangan "balas dendam" makan banyak saat berbuka puasa. karena banyak makan merupakan salah satu penyebab gelapnya hati yang akan mengakibatkan rasa malas melalukan sesuatu, termasuk malas beribadah.
  8. Tidur yang cukup. Jangan begadang jika tidak ada lagi agenda yang penting yang bermanfaat. Ada hadist yang mengatakan bahwa "tidur adalah ibadah". Cerdaskan dalam menanggapi hal tersebut, jika tidu saja mendapatkan pahala, apalagi jika kita produktif saat sedang berpuasa? Insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang lebih besar lagi.
  9. berhenti merokok, bulan Ramadhan adalah kesempatan untuk latihan berhenti merokok.
  10. bagi beberapa kalangan yang sedang tidak dalam kondisi normal, seperti halnya sedang hamil, sedang sakit, dan sebagainya, kemudian anda tidak mengetahui tentang hukumnya puasa ramadhan ini, maka sebagiknya anda berkonsultasi dengan ahlinya. Jangan biarkan ketidaktahuan anda menjadi awal dari penyakit dan ketidakberkahan.